Definisi IMK adalah :
Sebuah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mendesain, mengevaluasi dan
menerapkan interaksi antara manusia dan komputer.
Fungsi dari IMK adalah:
Mengoptimasikan performansi antara manusia dengan komputer sebagai suatu
system
Lihat konteks berikut! Segala mesin
yang dioperasikan oleh manusia untuk mencapai tujuan tertentu dengan melakukan
suatu aksi. Tujuannya memaksimalkan
fungsi suatu mesin. Ada interaksi antara manusia dengan mesin, seperti pada
gambar berikut :
Sering kali ketika mesin pertama kali dirancang dan dibangun dengan suatu
fungsi tertentu, sulit untuk dioperasikan.
Hal ini tidak jadi masalah jika yang mengoperasikannya orang yang ahli
dimana dia sangat mengerti tentang mesin dan bagaimana fungsi dan bisa dilatih
untuk mengoperasikannya. Sebagai contoh mungkin komputer yang pertama kali
diciptakan sangat kompleks dan sulit untuk berinteraksi dengan manusia. Orang
yang bisa mengoperasikannya hanya sebagian kecil biasanya ahli matematika atau
ilmuwan yang mengerti dan sering berurusan dengan hal seperti itu: dimana
mereka bisa mengadaptasikan kebiasaan mereka dengan keperluan suatu mesin.
[Mereka memiliki kemauan untuk melakukan ini sebab mereka memiliki motivasi –
mesin adalah satu-satunya harapan untuk mencapai tujuan pribadi mereka.]
Dalam beberapa kasus, hanya sedikit orang yang mengetahui bagaimana cara
mengoperasikan komputer agar mudah untuk digunakan. Teknologi tersebut tidak
menyediakan cara yang mudah untuk
digunakan seperti yang kita pakai sekarang – VDUs, keyboard, mouse, dan
lain-lain.
Tetapi dimana komputer dikembangkan dalam hal kecepatan, kemampuan, memori,
dan lain-lain, harganya juga menurun, lebih banyak orang mulai untuk mencari
dan menggunakan komputer tersebut. Tetapi mereka masih mengeluh sebab mesin itu
masih sulit untuk digunakan, teknik-teknik yang disediakan mengambil terlalu
panjang prosedurnya, mesin tersebut sama sekali belum fleksibel dalam
pemakaiannya. Sesuatu harus dilakukan untuk memperbaiki kegunaan dari komputer
tersebut. Dimana hal itu dimulai pada tahun 1970-an. Petualangan untuk mencari
ide seperti “komputer bersahabat dengan penggunanya”, ”ikut campur pemakainya dan pelajaran tentang
hubungan manusia dengan mesin”.
Dari penemuan ini ditahun 1980-an, pengetahuan yang lebih luas yang dikenal
sebagai IMK. Saya mengatakan lebih luas karena lapangan dari pelajaran ini
berpedoman pada berbagai aspek dilihat dari cara manusia berinteraksi dengan
komputer.
by Stefanus Ardian

Posting Komentar